Sungkyunkwan Scandal

21 02 2011

* Judul : 성균관 스캔들 / Sungkyunkwan Scandal
* Jenis : Komedi, Roman, Sejarah, Sekolah
* Episodes: 20f
* Rilis : Agustus 2010
* Siaran : KBS2

Sinopsis

Satu lagi nih chingu, drama favorit saya yaitu drama korea Sungkyunkwan Scandal :). Chingu masih ingat dengan drama Hana-Kimi atau You’re Beaufitul ? yupe .. kedua drama ini mengisahkan perempuan yang menyamar menjadi laki-laki. Di Sungkyunkwan Scandal juga ada perempuan yang menyamar sebagai laki-laki, tapi di drama ini ada yg beda nich, yaitu genre-nya sejarah. Walaupun bergenre sejarah, drama ini benar-benar bagus dan lucu 😉 ..

Sungkyunkwan Scandal merupakan suatu skandal yang terjadi di Universitas Sungkyunkwan, Universitas terkemuka di Korea pada zaman dinasti Joseon, pada masa pemerintahan Raja Jeongjo. Di Sungkyunkwan nanti akan terkenal sebuah group yang bernama ”The Jal Guem Quartet” atau bahasa korea-nya ”Jal Guem Sa In Bang” .. Group apa itu ? Sebelum saya bahas lebih lanjut sinopsisnya .. mari kita kenalan dulu dengan anggota dari The Jalguem Quartet.

Kim Yoon Hee / Daemul (Park Min Young) adalah seorang wanita cantik dan pintar yang tinggal dengan ibu dan adik lelakinya yang sakit-sakitan. Ayahnya sudah meninggal kira-kira sejak ia berumur 12 tahun, saat itu pula dia menjadi tulang punggung keluarganya. Yoon Hee menyamar sebagai laki-laki dengan nama adiknya Kim Yoon Shik untuk bekerja disebuah toko buku/perpustakaan.

Lee Sun Joon / Garang (Micky Yoochun) adalah putra dari menteri penasehat kedua negara (fraksi noron). Sun Joon sangat pintar dan berwibawa. Tidak seperti anak bangsawan pada umumnya yang suka menyontek dan berbuat seenaknya, tetapi Sun Joon adalah lelaki yang berprinsip, tidak suka menyontek, rajin belajar dan membela yang dianggapnya benar. Sun Joo terkadang sikapnya arrogant, walaupun arrogant sebenarnya dia baik.

Goo Yong Ha / Yeorim (Song Joong Ki) adalah mahasiswa Sungkyunkwan yang terkenal playboy. Ia sangat ramah tetapi suka iseng. Boleh dianggap Yoong Ha itu cerdik karena punya segudang ide buat ngerjain musuhnya .. hehehe .. Yong Ha ini sahabat karib dari Jae Shin.

Moon Jae Shin / Geol Oh (Yoo Ah In) adalah mahasiswa senior dari Sungkyunkwan yang suka mabuk-mabuk dan bolos sekolah. Jae Shin memberontak karena sikap ayahnya yang diam saja terhadap kasus kematian kakaknya beberapa tahun yang lalu. Rambutnya sering dibuat terurai dan pakaiannya urakan. Jae Shin juga pandai dalam bela diri dan memanah. Ia gampang emosional tetapi kalau sama perempuan tetap baik kok ;).. *Tokoh ini yang paling aku suka :oops:* ..

Drama ini dimulai ketika keluarga Yoon Hee dipaksa membayar hutangnya sebesar 100 yang oleh menteri peperangan Ha Woo Kyu. Yoon Hee harus mau dijadikan istri mudah oleh menteri Ha Woo Kyu untuk menembuskan utangnya. Yoon Hee melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang 100 yang.

Akhirnya dia rela menjadi pengirim contekan ke calon mahasiswa Sungkyunkwan. Tetapi lucunya, Yoon Hee salah target :lol:, dia seharusnya memberikan contekan kepada seorang siswa lain, Yoon Hee malah memberikan ke Lee Sun Joon. Sun Joon semakin kesal dengan ujian hari ini, karena banyak yang mencontek, dan mengadukan ke pengawas. Alhasil, beberapa calon mahasiswa dikeluarkan karena menemukan contekan didekatnya. Yoon Hee kesal karena gagal dapat uang. Dia menulis kritikan halus di belakang baju Sun Joon, sehingga membuat Sun Joon diketawakan semua orang. Bajunya seperti bekas contekan :lol:.

Sun Joon kesal dengan Yoon Hee, ia mencari Yoon Hee kemana-mana. Sampe suatu ketika, dia meminta bos Yoon Hee untuk membuat Yoon Hee bekerja sebagai pengganti ujian secara diam-diam. Uangnya sangat menggiurkan buat Yoon Hee, bos Yoon Hee tidak bilang kalau itu dari Sun Joon. Sun Joon tau klo Yoon Hee sangat pintar, terliat dari hasil tulisannya di baju Sun Joon, sehingga Sun Joon berniat memasukkan Yoon Hee ke university Sungkyunkwan dan melupakan dendamnya *Sun Jon baik kan ? :)*.

Ketika Ujian, Yoon Hee tidak menyangka, sangat ketat pemeriksaannya. Pengawas meminta ID Card Yoon Hee, terpaksa Yoon Hee kasih ID card adiknya Yoon Shik, karena Yoon Hee tidak punya ID card dari si pengganti ujian. Jadi, intinya saat itu Yoon Hee lah yang mengikuti ujian atas nama adiknya (karena Sunkyunkwan hanya untuk laki-laki), dan berarti Yoon Hee tidak menggantikan seseorang. Bahkan Yoon Hee tidak bisa kabur dari tempat tsb dan karena langsung diumumkan saat itu juga. Pengumuman langsung dibaca oleh Raja dan Yoon Hee diterima sebagai mahasiswa Sunkyunkwan Scandal dengan nama Kim Yoon Shik :mrgreen::.

Yoon Hee pasrah, daripada ketahuan klo dia adalah perempuan, lebih berbahaya lagi. Apalagi Sun Joon mengatakan kalau tinggal di Sungkyukwan, kesejahteraan keluarganya terjamin. Yoon Hee akhirnya rela masuk asrama yang penuh dengan lelaki tsb. Demi menuntut ilmu dan mencari kesejahteraan untuk ibu dan adiknya.

Yoon Hee kaget lagi 😯 karena satu kamar bisa terdiri dari 2 – 3 siswa, Yoon Hee mengira kalau satu kamar satu orang. Yoon Hee sekamar dengan dengan Sun Joon dan Moon Jae Shin. Betapa sulitnya dia mengatur strategi agar tidak ketahuan kalau dia adalah perempuan.

*mulai paragraph ini saya panggil Yoon Hee dengan sebutan Yoon Shik ya ;)*

Kepala Mahasiswa Sungkyunkwan (Ha In Soo / putra menteri Ha Woo Kyu) tidak menyukai kehadiran Sun Joon yang sombong, Sun Joon terlalu menaati peraturan dan menentang jika ada penyelewengan aturan. Bahkan dia memilih untuk tinggal di asrama Timur padahal ia adalah keturunan Noron (Noron harusnya di asrama barat). In Soo menghasut Yoon Shik untuk ikut pro dengan In Soo, tetapi Yoon Shik membela Sun Joon karena selama ini Sun Joon sangat baik kpdnya. Goo Yong Ha yang masih pro dengan In Soo, meminta tolong Moon Jae Shin untuk mengusir Sun Joon, tetapi tidak berhasil juga. Jae Shin kalah dengan statement Sun Jon, dan akhirnya malah ikutan tidur dikamar itu, Alhasil Yoon Shik panik waktu tidur karena diapit oleh 2 orang laki-laki .. sebelah kiri Jae Shin dan sebelah kanan Sun Joon. Perjuangan berat lagi buat Yoon Shik .. hahaha .. *fighting :)* . Jae Shin tidak mau dekat-dekat dengan Sun Joon .. hehehe .. karena dia benci dengan Noron :mrgreen:.

Hari-hari di Sungkyunkwan, membuat hubungan Yoon Shik dengan Sun Joon semakin baik :oops:. Suatu hari ada perlombaan memanah antar group. Yoon Shik satu group dgn Sun Joon dan Jae Shin karena mereka satu kamar. In Soo menantang Yoon Shik dlm lomba ini, yg kalah, akan bersujud kepada yang si pemenang :mad:. In Soo mulai benci dengan Yoon Shik yang ikutan membela Sun Joon. Selain itu, wanita yang In Soo suka (Cho Sun), malah menyukai Yoon Shik. Sun Joon membantu sekeras mungkin untuk Yoon Shik agar bisa memanah yang baik. Jae Shin juga suka membantu Yoon Shik scr tiba-tiba *cool ya :cool:* .. Persahabatan Sun Joon, Yoon Shik dan Jae Shin pun akhirnya semakin dekat. Mereka akhirnya saling tolong menolong untuk memenangkan lomba ini ;). Tetapi sebelum perlombaan, datang perempuan cantik yang bernama Ha Hyo Eun (adik dari Ha In So) mendekati Sun Joon, saat itu mulailah ada rasa cemburu pada diri Yoon Shik 😦

Tiba dihari perlombaan, Jae Shin menghilang. Group Yoon Shik nyaris akan didiskualifikasi. Selain itu, ada petugas dari bawahan menteri peperangan yang sudah mulai curiga kalau Jae Shin adalah Hung Byok Seong (si pemberontak bertopeng yang memanah surat dengan isi sindiran ke pemerintah) :evil:. Yong Ha yang sangat peduli dengan Jae Shin, langsung buru-buru menyelamatkannya Jae Shin untuk ikut ke perlombaan. Dan akhirnya mereka berempat siap mengikuti lomba panah, walaupun Yoong Ha beda group, dia selalu bergabung dengan Yoon Shik, Jae Shin dan Sun Joon. Para wanita takjub meliat mereka berempat yang tampan-tampan dan memberikan julukan “the Jal Geum Sa In Bang / Jal Geum Quartet”. Sejak hari ini mereka menjadi bersahabat dan saling bantu membantu. Bahkan raja meminta mereka untuk menyelidiki scr diam-diam masalah kasus hilangnya surat dari kerajaan beberapa tahun yang lalu, yang mana kasus ini telah membawa kematian pada kakaknya Moon Jae Shin dan ayahnya Kim Yoon Shik :???:. Surat tersebut sangat penting bagi Raja untuk masa depan rakyat.

Semakin seru ya chingu ceritanya. Kira-kira Jal Geum Sa In Bang berhasil ga ya menyelidiki masalah ini ? Dan apakah benar kalau Jae Shin itu Hung Byok Seong? Bagaimana nasibnya jika sampai ketahuan ya? Dan Bagaimana juga nasib Yoon Hee pada akhirnya ya ? Apakah selamanya dia bisa menutupi dirinya kalau dia adalah perempuan? Apakah raja akan memaafkannya karena Yoon Hee telah membohonginya? Dan bagaimana kisah cinta Yoon Hee ? Apakah berhasil mendapatkan hati Sun Joon ? atau malah lebih dekat dengan Jae Shin ? Dan siapakah sebenarnya ayah Yoon Hee ? Mengapa ia bisa membawa surat dari kerajaan ? Dan apakah benar Yoong Ha adalah satu-satunya anggota yang tidak ada masalah dalam drama ini ? Dan siapakah pelaku pembunuhan ayahnya Yoon He? Dapatkan Yoon He menerima perlakuan penjahat tersebut ? Saksikan saja chingu dramanya .. seru, lucu dan romantis ;). Yang maen juga ganteng-ganteng chingu, dari pertama dikasih liat Go Yoong Ha yang cute .. abis itu dikenalin sama Lee Sun Joon yg cool .. bahkan antagonisnya pun Ha In Soo juga ganteng 😛 .. selang beberapa menit kemudian, ada lagi nih, muncul Moon Jae Shin 😳 untuk menolong Yoon Hee yang dirampok .. sempet syock .. banyak banget yang ganteng .. pemeran utamanya yang mana sebenarnya nih .. hahaha .. Ternyata ga cuma pemainnya yang ganteng-ganteng, ceritanya juga seru .. Selain itu, saya suka kisah persahabatan-nya the jalguem quartet didrama ini ;), saling tolong menolong dan memahami perasaan temannya. Pokoknya pastiin buat nonton ya chingu 😉 ..

Pemain :

* Park Min Young as Kim Yoon Hee
* Micky Yoochun as Lee Sun Joon
* Song Joong Ki as Goo Yong Ha
* Yoo Ah In as Moon Jae Shin


Bang Joon Seo as young Yoon Hee

Seo Hyo Rim as Ha Hyo Eun

Kim Min Seo as Cho Sun

Jun Tae Soo as Ha In Soo (The head scholar / scholar captain)

Pemain Pendukung :
* Kang Sung Pil as Im Byung Choon
* Kim Dong Yoon as Seol Go Bong
* Chae Byung Chan as Kang Moo
* Ahn Nae Sang as Jung Yak Yong
* Park Geun Soo as Yoo Chang Ik
* Kim Ha Kyoon as Choi Shin Mook
* Kim Young Bae as Go Jang Bok
* Im Young Pil as Ham Choon Ho
* Kim Jung Kyoon as Ahn Do Hyun
* Jang Se Hyun as Kim Woo Tak
* Hwang Chan Woo as Bae Hae Won
* Joo Ah Sung as Nam Myung Shik
* Lee In as Park Dal Jae
* Jo Sung Ha as King Jeongjo
* Kim Gab Soo as Left State Minister Lee Jung Moo –> menteri Negara/penasehat kedua raja/ the second state councilor
* Lee Jae Yong as Ha Woo Kyu (Minister of War)
* Choi Dong Joon as Moon Geun Soo (Minister of Justice)
* Kim Ik Tae as Prime Minister Chae Je Gong
* Kim Mi Kyung as Ms. Jo (Yoon Hee’s mother)
* Han Yun as Kim Yoon Shik (Yoon Hee’s brother)
* Park Dong Bin as the Minister of War’s steward
* Kim Kwang Gyu as Hwang Ga
* Ryu Dam as Soon Dol
* Sung Hyun Joo as Beo Deul
* Im Yoon Jung as Aeng Aeng
* Jung Hye Mi as Seom Seom
* Lee Min Ho as Bok Soo (petty thief)
* Kim Dan Yool as Bok Dong (page boy)
* Park Chul Min as Hanseongbu official Yoon Hyung Goo
* Lee Dal Hyung as Goo Yong Ha’s father
* Lee Won Jong as shaman Bak Soo (cameo, ep8)
* Oh Na Mi as Hyo Eun’s friend (cameo, ep10)
* Seol Ji Yoon as retired gisaeng (cameo)

Advertisements